Pengertian dan Contoh Kalimat Negatif atau Ingkar | Bahasa Indonesia SMP - Kita Wisuda (Produk & Jasa)
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Kalimat Negatif atau Ingkar | Bahasa Indonesia SMP

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

IndoINT.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh kalimat negatif/ingkar dalam pembelajaran bahasa Indonesia lengkap dengan contohnya. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya yang sedang mencari referensi tentang kalimat negatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik sekolah khususnya materi kalimat dalam bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat menjadikan kalian siswa yang berprestasi. 

 Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh kalimat negatif Pengertian dan Contoh Kalimat Negatif atau Ingkar | Bahasa Indonesia SMP
www.IndoINT.com

Perhatikan kutipan berikut ini!
Meskipun demikian, Ahmad mengaku haknya tidak akan melakukan pemeriksaan khusus kepada penumpang keteta api walaupun penumpang itu berasal dari luar negeri.

Kata tidak pada kutipan wacana di atas menandakan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat negatif atau kalimat ingkar. Kata tidak disebut kata ingkar. Jenis kata ingkar ada dua. Untuk memahami kedua kata ingkar tersebut perhatikan dialog berikut.

Udin : Mir, bagaimana pekerjaan rumahmu? Selesai?
Amir : Selesai? Saya tidak sempat mengerjakan tugas itu
Udin: Bagaimana mungkin dapat begitu. Selama ini kamu selalu mengerjakan tugas sekolah dengan baik
Amir : Saya harus ke dokter lalu membeli obat sampai malam
Udin : Kamu sakit apa?
Amir : Bukan aku yang sakit, melainkan ibu. Saya sampai rumah sudah malam dan harus merawat ibu
Udin : Kalau begitu, agar kamu tidak dihukum oleh guru, kamu salin saja pekerjaanku
Amir : Oh, jangan menyuruh saya berbuat tidak jujur. Maafkan aku dengan penolakanku ini
Udin : Maafkan juga aku yang sedang khilaf ini!

Kata-kata yang bercetak miring adalah kata ingkar atau disebut juga kata negatif. Suatu kalimat yang dibubuhi kata ingkar disebut kalimat ingkar. Kalimat ingkar adalah kalimat yang mengungkapkan pertentangan isi atau pengingkaran terhadap isi suatu kalimat. Dalam bahasa Indonesia terdapat dua kata ingkar tidak (tak, bukan.

Kata ingkar bukan digunakan untuk mengingkari kata benda dan kata sifat, sedangkan kata ingkar tidak digunakan untuk kata kerja.

Perhatikan contoh berikut ini!
Surti : Min, kamu mengambil penggarisku, ya!
Minah : Enak saja, saya tidak mengambilnya!
Surti : Itu, penggaris siapa?
Minah : Ini, bukan milikmu, melainkan milik Tini!
Surti : Maaf, Min! Saya tidak menuduhmu!

Dari kedua contoh tersebut terdapat kata ingkar tidak dan bukan. Kalian dapat membedakan penggunaan kata ingkar tidak dan bukan. Kata ingkar tidak diikuti kata kerja. contoh tidak mengambil, tidak menuduh, tidak mandi, tidak bermain. Kata ingkar bukan diikuti kata benda. Contoh: bukan milikmu, bukan saya, dan bukan hantu.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan kalimat negatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah khususnya dalam pembelajaran kalimat dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan sukses selalu buata kalian semua. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber http://www.ilmubindo.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Kalimat Negatif atau Ingkar | Bahasa Indonesia SMP"